Apa itu QRIS, Jenis, Cara Baca, dan Menggunakannya

2023-06-08 23:00:00
Bagikan:
Apa itu QRIS, Jenis, Cara Baca, dan Menggunakannya

Apa itu QRIS? 

QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan kode QR. Oleh karena itu, setiap penyedia PJSP berbasis QR code baik lokal maupun asing wajib menggunakan QRIS.

Hal ini tentu memudahkan bagi kita pengguna jasa perbankan, karena apa pun alat pembayaran yang kita miliki, transaksi dapat dilakukan dengan pemindaian di satu tempat yang sama menggunakan QRIS yang terdapat di seluruh merchant yang menyediakan metode pembayaran ini.

Hal ini sejalan dengan slogannya yaitu, satu QRIS untuk seluruh pembayaran. Jadi, ketika kamu di coffee shop, mini market, atau warung dan kamu melihat ada logo QRIS di sana, artinya kamu bisa melakukan transaksi apapun alat pembayaran yang kamu gunakan. 

Cara Baca QRIS

Nah ini pertanyaan yang sering muncul ketika kita membahas QRIS. Karena QRIS adalah sebuah singkatan, maka QRIS dibaca “KRIS”, bukan kyu-ris, ki-ris, atau pun keris. 

Jenis QRIS

Ada lima jenis QRIS yang bisa kamu aplikasikan sebagai merchant dan pengguna :

  • Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Jenis QRIS ini yang paling mudah, merchant cukup memajang satu stiker pint-out QRIS dan gratis. Pengguna QRIS yang ingin melakukan pembayaran hanya cukup melakukan scan, masukkan nominal, masukkan pin, dan klik bayar.

  • Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

Pada pembayaran jenis ini, QR dilakukan melalui suatu EDC atau smartphone dan gratis. Bedanya dari jenis yang pertama adalah pada jenis QRIS ini, merchant harus memasukkan nominal pembayaran lebih dahulu, kemudian pelanggan melakukan scan QRIS yang tampil atau tercetak. Sementara pada jenis pembayaran yang pertama, proses memasukan nominal pembayaran dilakukan oleh pelanggan.

Jenis QRIS MPM Dinamis ini sangat cocok untuk merchant skala usaha menengah dan besar dengan volume transaksi yang tinggi.

  • Customer Presented Mode (CPM) 

Pada jenis QRIS ini, justru pelangggan yang menunjukkan QRIS yang ditampilkan pada aplikasi pembayaran miliknya untuk discan oleh merchant. Metode ini lebih ditujukan untuk merchant yang membutuhkan kecepatan transaksi seperti penyedia transportasi, parkir, dan retail.

  • Merchant Presented Mode (MPM) untuk Transfer, Tarik dan Setor Tunai

Jenis QRIS ini dapat digunakan antar sesama pengguna aplikasi pembayaran untuk transfer, tarik dan setor tunai di warung/outlet/ATM yang tentunya sudah mendukung transaksi ini.

  • Merchant Presented Mode (MPM) untuk Belanja Lintas Negara (crossborder)

Jenis QRIS ini dimanfaatkan turis mancanegara untuk belanja di tempat wisata. Sebaliknya, turis Indonesia juga dapat belanja dengan scan kode QR di negara Thailand dan Malaysia.

Selain jenisnya, kamu juga perlu tahu bahwa nominal QRIS dibatasi maksimal sebesar Rp10.000.000 per transaksi. Penerbit juga dapat menetapkan batas nominal kumulatif harian dan/atau bulanan atas transaksi yang dilakukan oleh setiap pengguna QRIS, berdasarkan manajemen resiko penerbit.

Cara Membuat QRIS untuk merchant

Untuk kamu yang memiiki usaha, kamu dapat mengikut cara membuat QRIS berikut untuk memudahkan transaksi kamu sehari-sehari.

  • Jika kamu belum memiliki akun, kamu bisa datang ke kantor cabang atau mendaftar online ke salah satu PJSP. Kamu bisa memeriksa daftar PJSP dari Bank Indonesia di sini.
  • Lengkapi usaha dan dokumen yang diminta oleh PJSP tersebut.
  • Tunggu proses verifikasi, pembuatan merchant ID dan pencetakan kode QRIS.
  • PJSP akan mengirim sticker QRIS.
  • Install aplikasi sebagai merchant QRIS.
  • Selanjutnya, PJSP akan melakukan edukasi kepada kamu selaku merchant mengenai tata cara menerima pembayaran.

Cara Menggunakan QRIS di MAS Mobile (sebagai user)

Untuk kamu yang ingin menjadi pengguna (user) QRIS, kamu juga dapat memanfaatkan fitur pembayaran menggunakan QRIS di MAS Mobile yang sangat mudah. Caranya berikut ini:

  • Buka aplikasi MAS Mobile, lakukan log in
  • Klik logo QRIS di bagian bawah layar
  • Arahkan kamera pada kode QR
  • Konfirmasi jumlah pembayaran
  • Masukkan PIN MAS Mobile
  • Pembayaran berhasil dilakukan

Keuntungan menggunakan QRIS dari MAS Mobile 

Scan QRIS menggunakan MAS Mobile dapat digunakan di seluruh merchant yang menyediakan pembayaran QRIS. Jadi, selama ada logo QRIS di sana, kamu bisa menggunakan scan QRIS MAS Mobile dengan mudah. 

Jadi, yuk bayar-bayar pakai scan QRIS dari MAS Mobile!

Sumber:

Bank Indonesia

ASPI