Kenali Jenis Pengeluaran Agar Atur Pengeluaran Jadi Lebih Asik

2023-09-13 07:00:00
Bagikan:
Kenali Jenis Pengeluaran Agar Atur Pengeluaran Jadi Lebih Asik

Sebagai alat tukar yang sah hingga saat ini, uang menjadi salah satu hal terpenting yang selalu dibutuhkan untuk segala aspek kehidupan. Untuk itu, setiap harinya akan ada jenis jenis pengeluaran yang dilakukan untuk berbagai kebutuhan maupun aktivitas.

Untuk itu, segala jenis jenis pengeluaran wajib diatur sedemikian rupa guna membuat rencana keuangan tidak mengalami gangguan. Namun sebelum mengatur pengeluaran kamu dengan baik, kamu bisa mengetahui lebih dalam mengenai berbagai jenis pengeluaran yang terbagi ke beberapa kelompok. Berikut beberapa kelompok jenis jenis pengeluaran yang bisa kamu jadikan sebagai acuan dalam rencana keuangan kamu.

Jenis jenis pengeluaran yang wajib kamu ketahui

Pengeluaran pribadi memang tidak memiliki nilai yang sama antara satu individu dengan individu lainnya. Karena pada dasarnya nominal pemasukan setiap orang tentunya berbeda beda. Untuk itu penjelasan berikut lebih menjelaskan mengenai porsi dan persentase menurut penghasilan masing masing individu.

1. Pengeluaran rutin

Pengeluaran rutin adalah jenis jenis pengeluaran yang wajib untuk kamu bayarkan setiap bulannya untuk kebutuhan hidup kamu. Dalam pengeluaran rutin sendiri terdapat beberapa pengeluaran utama seperti pengeluaran untuk makan, tagihan listrik, transportasi, biaya sekolah anak dan apapun yang dikeluarkan untuk kebutuhan sehari hari.

Untuk itu jenis pengeluaran rutin menjadi salah satu pengeluaran yang membutuhkan persentase terbanyak dalam pendapatan kamu. Besaran persentase dari jenis pengeluaran rutin bahkan dapat mencapai 40% hingga 60% dari total pendapatan kamu di setiap bulannya.

2. Pengeluaran pembayaran cicilan atau hutang

Pengeluaran cicilan adalah jenis pengeluaran yang mewajibkan kamu membayar sejumlah uang untuk melunasi beberapa barang maupun aktivitas yang telah kamu beli sebelumnya. Biasanya pengeluaran yang satu ini kerap menjadi pengeluaran yang membebani keuangan banyak orang. 

Pasalnya karena melakukan pembayaran dibelakang, kamu akan merasa pengeluaran lebih hemat saat membeli sebuah barang dengan berhutang atau dicicil. Namun pada kenyataannya, pengeluaran cicilan justru membuat pengeluaran bulanan kamu menjadi semakin membengkak.

Ada baiknya kamu memberikan porsi untuk jenis pengeluaran pembayaran cicilan ini semaksimalnya 30% dari pendapatan yang bisa kamu dapatkan setiap bulannya. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan jatuh tempo tagihan dari setiap transaksi yang kamu lakukan agar tidak terjadi pembayaran tagihan yang lewat dari tanggal jatuh tempo.

3. Pengeluaran untuk tabungan maupun investasi

Jenis pengeluaran investasi merupakan pengeluaran yang wajib kamu sisihkan untuk keamanan finansial kamu dimasa yang akan datang. Pasalnya jenis pengeluaran yang satu ini akan begitu bermanfaat saat kamu membutuhkannya di masa tua ataupun pada kondisi darurat.

Selain itu pengeluaran tabungan atau investasi ini pun bisa kamu andalkan untuk beberapa pembelian dengan nominal uang yang cukup besar. Mulai dari membeli mobil, melangsungkan pernikahan ataupun membeli properti. Untuk besaran persentasenya sendiri, kamu bisa menyisihkan 10% hingga 30% dari pendapatan yang kamu terima setiap bulannya.

4. Pengeluaran gaya hidup

Jenis-jenis pengeluaran yang satu ini menjadi pengeluaran yang dapat kamu sisihkan namun tidak menjadi prioritas. Pasalnya pengeluaran yang satu ini adalah pengeluaran yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada diri sendiri. 

Karena biasanya pengeluaran gaya hidup sendiri digunakan untuk membeli barang ataupun aktivitas kamu kamu sukai. Mulai dari nonton film, menonton konser ataupun aktivitas lainnya yang dapat membuat kamu bahagia. Besarannya sendiri, kamu dapat menyisihkan 15%-20% sesuai dengan kebutuhan.

5. Pengeluaran untuk kebutuhan sosial

Pada dasarnya jenis pengeluaran yang satu ini tidak sepenuhnya terkait dengan aktivitas entertainment seperti yang dibayangkan banyak orang. Kebutuhan sosial ataupun entertainment seperti hang out maupun menghabiskan waktu bersama teman memang menjadi kebutuhan yang juga tidak kalah penting di setiap bulannya.

Namun di balik semua pendapatan yang kamu berhasil raih, terdapat beberapa hak orang lain yang juga mesti kamu ketahui. Untuk itu, tidak ada salahnya juga untuk kamu menyisihkan sedikit pendapatmu untuk dimasukan kedalam pengeluaran sosial yang satu ini. Mulai dari bersedekah, membayar zakat hingga melakukan aktivitas sosial lainnya yang mampu memberikan manfaat ke banyak orang.

6. Pengeluaran asuransi

Jika sebelumnya disebutkan jika salah satu manfaat dari pengeluaran tabungan atau investasi adalah untuk berjaga jaga pada kondisi tertentu yang tergolong sebagai keadaan darurat, kamu dapat menjadikan pengeluaran asuransi berikut ini sebagai opsi lainnya. 

Pasalnya dengan menyisihkan pengeluaran untuk kebutuhan asuransi, kamu bisa memanfaatkan pengeluaran tersebut untuk kejadian yang tidak terduga di masa depan. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kendaraan ataupun asuransi lainnya bisa kamu masukan kedalam salah satu list pengeluaran kamu. Tentunya juga harus disesuaikan dengan kebutuhanmu.

7. Pengeluaran biaya pendidikan anak

Jika kamu sudah memiliki keluarga termasuk anak, salah satu pengeluaran yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah pengeluaran biaya pendidikan anak. Pasalnya fasilitas pendidikan terbaik untuk anak saat ini tergolong mahal dan tentunya akan membutuhkan pengeluaran yang cukup banyak.

Untuk itu, kamu bisa menyisihkan pengeluaran biaya pendidikan sejak dini agar fasilitas pendidikan sang buah dapat terjamin. Cara terbaik dalam mengatur pengeluaran pendidikan anak adalah dengan membuka tabungan pendidikan anak secara terpisah dari rekening tabungan pribadi kamu. Dengan begitu, pengeluaran untuk biaya pendidikan anak dapat digunakan sesuai dengan tujuan utamanya.

Rencanakan keuangan kamu bersama MAS Mobile!

Mengatur pengeluaran dan merencanakan keuangan memang menjadi aktivitas yang dianggap sulit bagi banyak orang. Dibutuhkan disiplin dan kecermatan agar rencana keuangan yang inginkan dapat terwujud dengan baik.

MAS Mobile dapat membantu kamu dalam melakukan rencana keuangan dan pengaturan pengeluaran dengan mudah. Hanya dengan menggunakan smartphone, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas keuangan kamu dengan sangat mudah bersama MAS Mobile. Download aplikasi MAS Mobile di sini!