Apa itu Skimming? Kenali Modus dan Cara Mengurangi Resikonya

2022-11-02 17:38:00
Bagikan:
Apa itu Skimming? Kenali Modus dan Cara Mengurangi Resikonya

Skimming menjadi salah satu kejahatan finansial yang kerap memakan korban dalam beberapa waktu belakangan. Untuk itu, kamu sebagai pengguna layanan keuangan seperti halnya perbankan wajib mengetahui dengan baik apa itu skimming dan bagaimana cara menghindarinya. Berikut informasi lengkap terkait skimming yang perlu kamu ketahui!

Apa itu skimming?

Skimming adalah kejahatan finansial dengan cara mencuri informasi dari kartu ATM korban dan menduplikasikan data tersebut pada kartu lainnya. Umumnya,kejahatan skimming sendiri terjadi pada mesin ATM yang jauh dari jangkauan banyak orang.

Pelaku akan menyisipkan alat skimmer pada lubang mulut mesin ATM atau dengan cara lain yang diletakkan pada pinpad untuk dapat merekam nomor pin korban. Tujuan utama dari kejahatan skimming sendiri adalah mencuri seluruh informasi data yang disimpan dalam kartu ATM korbannya mulai dari nomor kartu ATM, PIN ATM hingga kode keamanan kartu atau CVC.

Cara mengurangi resiko kejahatan skimming

1. Hindari lokasi ATM yang sepi

Mesin ATM memang kerap dijadikan sebagai alat transaksi keuangan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari melakukan transfer, pembayaran hingga tarik tunai. Dengan alasan tersebut pula, beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab menjadikannya sebagai alasan untuk berbuat tindak kejahatan skimming.

Untuk kamu yang kerap menggunakan mesin ATM dalam melakukan berbagai transaksi, ada baiknya kamu memilih mesin ATM yang berada pada lingkungan strategis. Hindari lokasi ATM yang berada di lingkungan sepi karena biasanya, di lingkungan yang sepi aktivitas akan menjadi sasaran para pelaku kejahatan skimming.

Selain itu, ATM yang berada pada area SPBU juga menjadi tempat sasaran utama para pelaku kejahatan pembobolan ATM atau skimming. Kamu dapat memilih ATM yang berada di area perumahan ramai penduduk ataupun ATM yang terletak di jalan strategis. Pastikan juga dalam area mesin ATM tersebut terdapat CCTV yang selalu mengawasi pergerakan siapapun setiap saat.

2. Perhatikan situasi booth ATM, pastikan tidak ada benda mencurigakan (Kamera pengintai PIN Dll)

Hal selanjutnya yang perlu kamu antisipasi adalah keadaan sekitar mesin ATM. Kamu dapat memeriksa bagian mulut slot ATM karena biasanya pelaku kejahatan skimming meletakan alat pada area tersebut.

Jika kamu merasa di mesin ATM ada hal yang tidak lazim seperti lampu indikator yang tidak menyala, tampilan layar mesin yang tidak seperti biasanya ataupun terdapat beberapa benda mencurigakan di sekitar mesin ATM, ada baiknya untuk kamu meninggalkan ATM tersebut dan memilih Mesin ATM terdekat lainnya.

3. Tutup tangan kamu saat menekan PIN di mesin ATM

Saat kamu hendak menekan PIN pada mesin ATM, ada baiknya kamu menutupi tangan kamu saat menekan PIN ATM dengan tangan lainnya agar menyulitkan kamera tersembunyi dalam merekam pergerakan tangan kamu pada pinpad ATM.

Pasalnya tak jarang pelaku skimming sendiri menggunakan alat kamera tersembunyi yang digunakan untuk mengetahui pergerakan tangan korban pada tombol PIN mesin ATM yang ditekan.

4. Selalu ganti PIN ATM secara rutin

Mengganti PIN ATM secara berkala menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kejahatan skimming. Kamu dapat mengganti PIN ATM kamu setidaknya satu bulan sekali untuk membuat PIN ATM kamu lebih aman.

5. Gunakan kartu ATM yang telah memiliki teknologi chip

Cara menghindari kejahatan skimming lainnya adalah dengan mengubah kartu ATM kamu ke teknologi terbaru. Teknologi terbaru dalam kartu ATM yang bisa kamu terapkan adalah penggunaan chip. Chip pada kartu ATM kamu akan membuat kartu ATM kamu menjadi terenkripsi sehingga membuat pengamananya menjadi lebih baik.

Dengan enkripsi kode tersebut, kartu ATM yang kamu miliki tersebut tidak akan mudah di baca oleh pihak manapun tanpa bantuan kode khusus yang telah dienskripsikan. Untuk itu, bagi kamu yang belum melakukan upgrade pada kartu ATM kamu, ada baiknya kamu melakukan upgrade tersebut untuk kepentingan kartu ATM yang kamu gunakan.

6. Periksa transaksi rekening secara rutin

Dengan mengetahui secara detail rincian transaksi yang kamu lakukan pada rekening kamu, kamu akan dengan mudah menyadari jika terjadi transaksi mencurigakan pada rekening tersebut. Hal tersebut menjadi tindakan preventif terbaik yang bisa kamu lakukan dalam mencegah kejahatan skimming terjadi pada kamu.

7. Segera blokir ATM jika terjadi transaksi mencurigakan

Jika terjadi transaksi yang dianggap mencurigakan pada rekening kamu, ada baiknya untuk kamu segera memblokir rekening tersebut. Pasalnya transaksi yang mencurigakan tersebut menjadi salah satu indikasi jika ATM kamu telah terkena serangan skimming.

8. Segera hubungi call center 

Kamu dapat segera menghubungi pihak Bank terkait untuk melaporkan kejadian yang menimpa kamu dan memblokir ATM tersebut. Untuk kamu nasabah Bank MAS, kamu dapat segera menghubungi call center bank MAS di 1500011.

 

Bagaimana cara kerja alat kejahatan Skimming pada mesin ATM?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika skimming ATM adalah tindakan kejahatan yang dilakukan dengan mencuri informasi pada kartu debit maupun kartu kredit korban secara ilegal. Hingga saat ini, skimming masih menjadi salah satu kejahatan yang sulit untuk dilacak dan ketahui dengan mudah.

Untuk dapat memahami dan mengetahui kejahatan skimming lebih dalam, kamu juga perlu mengetahui cara kerja alat kejahatan skimming yang terdapat pada mesin ATM. Umumnya segala bentuk kejahatan skimming yang dilakukan oleh pelaku tidak akan meninggalkan jejak atau sangat rapi. Berikut cara kerja alat skimmer pada mesin ATM.

 

1. Memasang alat skimmer pada mesin ATM 

Langkah pertama yang dilakukan oleh pelaku adalah memasangkan alat skimming ATM yang biasa disebut dengan skimmer. Skimmer tersebut biasanya berbentuk menyerupai mulut slot ATM guna dapat membaca nomor kartu yang kamu gunakan.

2. Memasang kamera tersembunyi pada penutup tombol ATM

Selain itu pelaku juga biasa menggunakan kamera tersembunyi yang diletakan pada bagian atas penutup tombol ATM untuk dapat mengetahui pergerakan tangan kamu saat memasukan nomor PIN. Dengan begitu, pelaku telah mendapatkan semua informasi terkait ATM kamu mulai dari nomor kartu hingga PIN yang digunakan pada kartu ATM tersebut.

3. Menduplikat kartu ATM milik korban

Setelahnya, pelaku hanya perlu menduplikasi kartu yang biasa kamu gunakan dengan kartu ATM kosong. Pelaku akan menggunakan kartu yang di duplikasi tersebut untuk mengakses rekening kamu dan menguras habis selurus isi saldo rekening di dalamnya.

Ciri ciri ATM yang telah dipasang alat skimming

Untuk mewaspadai kejahatan skimming yang dapat terjadi, kamu dapat mengetahui beberapa ciri atm yang telah dipasang alat skimming sebelumnya. Berikut ciri cirinya yang wajib kamu waspadai:

1. Terdapat benda yang mencurigakan pada tutup keypad ATM

Jika kamu menemukan keanehan pada mesin ATM khususnya pada bagian keypad ATM, ada baiknya kamu tidak menggunakan ATM tersebut. Karena ATM tersebut terindikasi sebagai salah satu ATM yang dipasangi alat skimming dalam bentuk spy camera yang terletak pada penutup keypad tersebut. Jika kamu terpaksa menggunakan ATM tersebut, buatlah tangan kamu menutupi area keypad ATM sehingga pergerakan tangan tidak terlihat oleh spy camera.

2. Slot kartu yang terlihat mencurigakan

Ciri ATM yang telah dipasang alat skimmer lainnya terletak pada slot ATM yang terlihat mencurigakan. Ciri yang terletak pada slot ATM menjadi salah satu ciri yang paling dapat kamu kenali sebelum menggunakan ATM yang terindikasi sebagai ATM skimming.