Apa itu E-wallet dan Kelebihannya

2023-03-17T09:48:07.000000Z
Bagikan:
Apa itu E-wallet dan Kelebihannya

Transaksi sehari-sehari kini semakin mudah dengan beragam pilihan metode pembayaran, salah satunya adalah dengan menggunakan dompet digital atau e-wallet. Adanya e-wallet saat ini jelas semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat untuk keperluan transaksi sehari-hari. Namun, sudah tahukah kamu apa itu e-wallet dan apa saja kelebihannya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut!

Apa itu E-wallet?

Dompet digital atau e-wallet adalah layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran, antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat menampung dana untuk melakukan pembayaran.

Pada prinsipnya, e-wallet sama seperti dompet fisik yang selama ini digunakan, hanya saja e-wallet berupa dompet digital atau elektronik. Seperti sebuah dompet, e-wallet memiliki jumlah maksimal nominal dana yang bisa ditampung, yaitu sebesar Rp10.000.000. Dana yang ditampung di e-wallet pun hanya dapat digunakan untuk pembayaran transaksi belanja dan tagihan saja. Dana yang ada di e-wallet juga tidak dapat dipindahkan ke e-wallet lainnya.

Kamu tidak perlu khawatir saat menggunakan e-wallet, karena saat ini penyelenggara e-wallet harus terlebih dulu mendapatkan izin dari Bank Indonesia. Sehingga, jalannya bisnis penyelenggaraan e-wallet juga dalam pengawasan Bank Indonesia.

Kelebihan E-wallet

Sebagai instrumen pembayaran, e-wallet juga memiliki beberapa kelebihan yang dapat dirasakan oleh penggunanya seperti berikut:

  • Mudah, Praktis, dan Efisien

Adanya e-wallet saat ini membuat masyarakat tidak perlu repot untuk membawa uang tunai dalam jumlah banyak, kartu debet, dan kredit. Hal ini karena saat ini e-wallet juga sudah dapat digunakan untuk keperluan transaksi sehari-hari seperti membeli makanan dan belanja online. Kamu hanya perlu menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi dengan e-wallet. 

  • Beragam Promo dan Diskon

Keberaadaan e-wallet juga memberikan keuntungan lain bagi penggunanya, hal ini karena penyelenggara e-wallet sering kali menawarkan promo dan diskon yang menarik seperti point reward, cashback, gift, dan masih banyak lagi yang lainnya. Promo dan diskon tersebut jelas membuat penggunannya tertarik dan mendorong mereka untuk bertransaksi menggunakan e-wallet. 

  • Aman

Meskipun masih banyak yang ragu, penggunaan E-wallet untuk kebutuhan transaksi sehari-hari termasuk aman. Hal ini karena penyelenggara sistem pembayaran e-wallet sudah mendapatkan izin dan dalam pengawasan Bank Indonesia. Yang perlu kamu perhatikan dalam memilih e-wallet yaitu memastikan bahwa e-wallet tersebut telah mendapat izin dari Bank Indonesia.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan e-wallet adalah jangan pernah membagikan kode OTP dan PIN transaksi kepada orang lain karena kondisi ini sering dimanfaatkan sebagai modus penipuan online.

  • Terhindar dari Uang Palsu

Kelebihan e-wallet lainnya yaitu kamu dapat menghindari uang palsu. Saat bertransaksi dengan uang tunai, ada pihak yang tidak bertanggung jawab menyebarkan uang palsu dan menggunakannya untuk bertransaksi. Hal ini kadang terjadi tanpa disadari karena ketidaktahuan dan keengganan untuk mengecek uang yang digunakan saat bertransaksi.

Adanya e-wallet turut membantu kamu terhindar dari uang palsu yang beredar tesebut karena proses transaksi dilakukan secara elektronik atau digital.

  • Adanya Riwayat Transaksi

Kelebihan e-wallet yang terakhir yaitu adanya fitur pencatatan riwayat transaksi yang disediakan di aplikasi. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang berperan sebagai pembeli dan penjual.

Untuk pembeli, fitur ini dapat membantu  kamu untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran yang terjadi di e-wallet sehingga kamu dapat merencanakan keuanganmu dengan lebih baik nantinya. Sebagai penjual, fitur tersebut dapat membantu kamu mencatat transaksi penjualan yang masuk menggunakan e-wallet. 

Cara Top Up e-Wallet di MAS Mobile

Untuk melakukan isi ulang atau top up saldo e-wallet kamu dapat menggunakan aplikasi MAS Mobile dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi MAS Mobile dan login menggunakan akunmu
  • Pilih menu Top Up
  • Pilih e-wallet yang kamu inginkan
  • Masukkan data Nomor Handphone dan Nominal Saldo, lalu klik Lanjut
  • Periksa data mana menu Konfirmasi Top Up, lalu klik Lanjut
  • Masukkan PIN MAS Mobile milikmu
  • Selamat saldo e-wallet sudah terisi!

cara top up e-wallet online di mas mobile

Yuk, isi terus ulang saldo e-wallet mu menggunakan aplikasi MAS Mobile dan dapatkan beragam promo menariknya!


Sumber : Bank Indonesia