Apa itu Frugal Living, Tips, dan Manfaatnya

2023-09-13 07:00:00
Bagikan:
Apa itu Frugal Living, Tips, dan Manfaatnya

Saat ini, tren gaya hidup frugal living sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat, apalagi di tengah-tengah nilai jual harga barang yang semakin tinggi seperti fashion, gadget, kendaraan, hingga kebutuhan primer seperti rumah. Gaya hidup frugal living dipercaya bisa menjadi solusi alternatif di tengah-tengah kondisi tersebut, terutama untuk mencapai tujuan finansial orang yang melakukannya.

Lalu apa itu frugal living, bagaimana menjalaninya, dan apa manfaatnya? Kamu bisa baca dan temukan jawabannya di artikel ini.

Apa itu frugal living

Frugal living adalah konsep hidup yang fokus pada prioritas keuangan dan mampu mengatur pengeluaran. Dalam menjalani gaya hidup frugal living seseorang harus ada visi dan misi hidup, serta impian dan tujuan hidup di masa depan. Hal ini karena mereka harus paham apa tujuan keuangannya dan bagaimana mencapai tujuan keuangan tersebut.

Gaya hidup frugal living juga sering disalahartikan sebagai gaya hidup yang pelit. Padahal, konsep frugal living berbeda dengan pelit. Gaya hidup frugal living umumnya dibarengi dengan kecermatan untuk membelanjakan uang, yaitu butuh dan mampu. Misalnya kamu ingin membeli gadget terbaru, kamu harus paham apakah gadget tersebut memang dibutuhkan dan kamu mampu membelinya.

Tips frugal living

Berikut beberapa tips menjalankan frugal living yang bisa kamu terapkan saat memulai gaya hidup frugal living.

  • Tentukan tujuan finansial

Untuk memulai gaya hidup frugal lliving, kamu perlu lebih dulu menentukkan tujuan finansial yang ingin kamu capai, misalnya untuk tabungan pernikahan, tabungan pendidikan, dana darurat, membeli kendaraan, dan membeli rumah. Dengan adanya tujuan finansial yang jelas, kamu akan bisa bersungguh-sungguh menjalani gaya hidup frugal living.

  • Analisis kebutuhan dan keinginan 

Setelah memahami tujuan finansialmu, kamu perlu melakukan analisis apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginanmu, hal ini penting untuk menentukan alokasi dana yang tepat tiap bulannya untuk pengeluaranmu.

  • Buat rencana keuangan

Tips selanjutnya ketika kamu sudah bisa menganalisis apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan, kamu perlu membuat rencana keuangan. Rencana keuangan ini akan panduan sekaligus kontrol terhadap pengeluaranmu agar tidak terjebak dalam gaya hidup konsumtif.

  • Jangan mudah terpengaruh tren

Saat ini, produk-produk baru sangat cepat bermunculan yang membuat tren berbelanja berubah sangat cepat karena masyarakat cenderung takut ketinggalan terhadap produk-produk baru yang bermunculan sehingga terjebak dalam kebiasaan gaya hidup yang konsumtif.

Saat menjalani gaya hidup frugal living, kamu disarankan menghindari gaya hidup konsumtif akibat terpengaruh tren berbelanja tersebut, karena hal itu dapat membuat pengeluaranmu tidak terkontrol.

  • Bandingkan harga dan manfaatkan promo

Saat menjalani gaya hidup frugal living kamu juga perlu rajin melakukan riset untuk membandingkan harga dari satu penjual ke penjual lainnya untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan mendapatkan barang kebutuhan yang berkualitas.

Kamu juga dapat memanfaatkan diskon atau promo di supermaket, minimarket, atau marketplace untuk berbelanja kebutuhan rutin harian, mingguan, atau bulanan untuk menghemat pengeluaranmu.

Manfaat frugal living 

Ada beberapa manfaat  frugal living yang bisa kamu rasakan saat menjalaninya, seperti:

  • Hidup menjadi lebih hemat

Manfaat frugal living yang pertama yaitu, kamu bisa memiliki gaya hidup yang lebih hemat, sebab kamu akan belajar menekan pengeluaran impulsifmu. Selain itu, kamu juga akan cenderung memilih barang yang berkualitas, meskipun mahal tapi awet.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsep gaya hidup frugal living berbeda dengan pelit dan membelanjakan barang yang asal murah. Konsep frugal living juga mengedepankan kualitas barang yang dibeli, lebih baik membeli barang yang lebih mahal daripada terus-menerus membeli barang murah berkali-kali karena rusak. Jika dihitung-hitung, hal ini tentunya jadi lebih hemat.

  • Mencapai tujuan keuangan

Gaya hidup frugal living juga membantu kamu mencapai beragam tujuan keuangan seperti untuk membayar hutang, menabung untuk dana darurat, berinvestasi, menikah, membeli kendaraan, dan membeli rumah.

  • Memiliki tabungan masa depan

Jika kamu menjalani gaya hidup frugal living, kamu akan memiliki lebih banyak uang untuk ditabung mempersiapkan masa depanmu. Dengan begitu, kamu bisa menghadapi masa depanmu dengan lebih tenang karena sudah memiliki bekal tabungan yang cukup.

Untuk persiapan masa depanmu, kamu juga bisa membuka tabungan MAS Saving di Bank MAS dengan keunggulan tanpa minimum setoran awal, bebas biaya transfer antar bank, dan bebas biaya admin tarik tunai di seluruh ATM jaringan GPN, Alto, dan Prima di seluruh Indonesia untuk mendukung gaya hidup frugal living yang kamu jalani.

  • Kemandirian finansial 

Konsep gaya hidup hemat frugal living akan membantu kamu mencapai kebebasan finansial. Kamu bisa menekan pengeluaran konsumtif dan mengalihkannya untuk investasi baik dalam bentuk aset maupun investasi modal yang nantinya dapat membantu menghasilkan pendapatan pasif untukmu.

  • Meringankan tekanan finansial 

Manfaat frugal living yang terakhir, yaitu membantu meringankan tekanan finansialmu akibat hutang atau perilaku konsumtif dari gaya hidup yang berlebihan. Kamu tidak perlu memaksakan gaya hidup di luar kemampuan untuk memenuhi gengsimu, hal itu hanya akan memunculkan tekanan finansial dan mengakibatkan stres untukmu.


Sumber:

detik.com

cnnindonesia.com

cnbcindonesia.com

kumparan.com

cnbcindonesia.com

medcom.id