Kenali Apa itu GPN dan Kelebihannya untuk Bertransaksi

2023-10-05T07:47:00.000000Z
Bagikan:
Kenali Apa itu GPN dan Kelebihannya untuk Bertransaksi

Kamu mungkin sering mendengar kartu debet GPN saat petugas bank menawarkan kartu debet yang ingin digunakan untuk kemudahan transaksimu. Tapi, sudah tahukah kamu apa itu kartu debet GPN dan apa kelebihannya saat transaksi menggunakan kartu debet GPN? Yuk, baca artikel ini agar kamu lebih paham tentang GPN.

Apa itu GPN?

Gerbang Pembayaran Nasionanl (GPN) adalah sistem yang terdiri atas Standar, Switching, dan Services yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme (arrangement) untuk menyatukan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional

Latar belakang munculnya GPN adalah untuk mempermudah sistem pembayaran di Indonesia yang terintegrasi satu sama lain sehingga tercipta ekosistem pembayaran yang optimal. Pembentukan GPN tersebut diinisiasi oleh Bank Indonesia bersama dengan industri sistem pembayaran nasional.

GPN juga dirancang untuk memfasilitasi program pemerintah seperti penyaluran bantuan sosial non tunai, Public to Government, pembayaran non tunai saat menggunakan jalan tol dan kendaraan umum, serta transaksi jual-beli online dan meningkatkan akses layanan keuangan kepada masyarakat.

Dari penjelasan terkait latar belakang dibentuknya, bisa dikatakan adanya GPN merupakan salah satu upaya menciptakan ekosistem perdagangan berbasis elektronik dengan mendorong masyarakat mengurangi transaksi menggunakan uang tunai.

Keberadaan GPN juga melibatkan beberapa pihak yang terhubung meliputi penerbit kartu GPN, pihak yang memproses data uang elektronik, penyelenggara sistem transaksi elektronik, dan pihak lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Tujuan GPN

Dibentuknya GPN juga memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

  • Mewujudkan infrastruktur yang terkoneksi, termanfaatkan bersama, dan terpusat untuk mencapai interoperabilitas yang optimal.
  • Meningkatkan peran industri sistem pembayaran domestik melalui pemanfaatan teknologi terkini dan inovasi berbasis infrastruktur domestik, dalam menyediakan layanan dan produk yang dibutuhkan masyarakat.
  • Memperluas jangkauan produk dan jasa sistem pembayaran ritel untuk peningkatan transaksi non-tunai dan keuangan inklusif.
  • Meningkatkan keamanan dalam bertransaksi serta perlindungan konsumen.
  • Menata kelembagaan industri sistem pembayaran yang akan menjalankan fungsi standard, switching, dan services.
  • Mewujudkan interoperabilitas sistem pembayaran nasional melalui interkoneksi switching dan mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lebih efisien, aman, dan andal.

Cakupan GPN 

GPN mencakup transaksi pembayaran domestik yang meliputi :

  • Interkoneksi Switching.  
  • Interkoneksi dan interoperabilitas kanal pembayaran melalui kanal ATM, Electronic Data Captured (EDC), agen, penyelenggara sistem transaksi elektronik, dan kanal pembayaran lainnya. 
  • Interoperabilitas instrumen pembayaran berupa kartu ATM dan/atau kartu debet, kartu kredit, uang elektronik, dan instrumen pembayaran lainnya.

Penyelenggara GPN 

Penyelenggara GPN meliputi Lembaga Standar, Lembaga Switching dan Lembaga Services. 

1. Lembaga Standard:

  • Memiliki fungsi menyusun, mengembangkan, dan mengelola standar dalam rangka memastikan terjadinya interkoneksi dan interoperabilitas instrumen pembayaran, kanal pembayaran, dan Switching, serta security.
  • Bank Indonesia telah menetapkan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sebagai Lembaga Standar GPN.

2. Lembaga Switching:

  • Memiliki fungsi untuk memproses data transaksi pembayaran secara domestik dalam rangka interkoneksi dan interoperabilitas.
  • Terdapat 4 (empat) Lembaga Switching GPN, yaitu PT. Artajasa Pembayaran Elektronis, PT. Rintis Sejahtera, PT. Alto Network, dan PT. Jalin Pembayaran Nusantara.

3. Lembaga Services:

  • Memiliki tugas antara lain menjaga keamanan transaksi pembayaran dan kerahasiaan data nasabah, melakukan rekonsiliasi, kliring, setelmen, dan mengembangkan sistem untuk pencegahan fraud, manajemen risiko, dan mitigasi risiko; menangani perselisihan transaksi pembayaran dalam rangka perlindungan konsumen; dan melaksanakan tugas lainnya yang diamanatkan oleh Bank Indonesia terkait fungsi Services
  • Fungsi Lembaga Services dilaksanakan oleh PT. Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN).

Kelebihan GPN

Sebagai instrumen pembayaran, kartu debit GPN juga memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Transaksi yang aman

Transaksi menggunakan kartu debet GPN sudah terstandarisasi dengan aman karena sudah dilengkapi dengan teknologi chip yang menyimpan informasi nasabah sebagai pemilik kartu. Chip pada kartu debet GPN akan meminta PIN sebelum melakukan transaksi, sehingga apabila PIN tidak dimasukkan atau salah memasukkan, transaksi tidak akan terjadi.

  • Tidak perlu membawa banyak uang tunai (cashless)

Adanya kartu debet GPN juga turut memudahkan kamu dalam bertransaksi non tunai, sehingga kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Hal ini dikarenakan pembayaran menggunakan kartu debet GPN telah terkoneksi dengan semua kanal pembayaran.  

  • Transaksi dapat dilakukan di semua kanal pembayaran

Saat ini, kartu debet GPN telah terkoneksi dengan semua kanal pembayaran. Sehingga kamu bisa melakukan transaksi non tunai dengan mesin EDC apapun di seluruh toko atau merchant di Indonesia.

  • Bebas biaya merchant

Kamu tidak perlu khawatir adanya biaya tambahan saat bertransaksi menggunakan kartu debet GPN, karena adanya merchant discount rate, yaitu biaya yang dikenakan kepada merchant atau pedagang saat bertransaksi menggunakan GPN. Biaya yang dikenakan pun lebih murah dibanding menggunakan jenis kartu debet lainnya.

  • Tanpa minimum transaksi

Transaksi menggunakan kartu debet GPN juga tidak menerapkan minimum transaksi, sehingga kamu bebas melakukan transaksi tanpa dibatasi nominal transaksi minimal.

  • Biaya administrasi yang lebih murah

Saat kamu membuka rekening dan mengganti kartu ATM kamu mungkin akan ditawari kartu GPN dan diberikan penjelasan bahwa biaya administrasi kartu GPN lebih murah dibanding menggunakan kartu lainnya. Hal ini karena seluruh proses transaksi dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

Cara untuk mendapatkan Kartu Debet GPN

Untuk mendapatkan kartu GPN, kamu bisa menukarkan kartu debet lamamu ke kantor cabang terdekat bank masing-masing. Kamu juga bisa mendapatkan kartu debet GPN saat membuka rekening tabungan MAS Saving di Bank MAS. Dengan menggunakan kartu debet GPN Bank MAS, kamu juga bisa merasakan kemudahan transaksi di lebih dari 90.000 jaringan ATM GPN/ALTO/PRIMA di seluruh Indonesia.


Sumber : Bank Indonesia