Apa itu Saldo Mengendap dan Fungsinya

2023-07-05T04:46:00.000000Z
Bagikan:
Apa itu Saldo Mengendap dan Fungsinya

Kamu mungkin sering mendengar istilah saldo mengendap ketika ingin membuka rekening tabungan dan bertanya-tanya untuk apakah saldo mengendap tersebut digunakan oleh pihak bank?

Beberapa bank memang menerapkan kebijakan saldo mengendap atau saldo minimial yang harus ada di dalam rekening nasabahnya. Batas minimal saldo yang ada di dalam rekening ini pun sering kali juga menjadi bahan pertimbangan calon nasabah yang ingin membuka rekening di suatu bank. Hal ini karena, beberapa menerapkan saldo mengendap yang cukup tinggi dan tidak bisa ditarik oleh nasabahnya.

Nah, sebelum kamu memilih membuka rekening tabungan yang tepat, yuk pahami dulu pengertian saldo mengendap dan fungsinya di artikel ini.

Apa itu Saldo Mengendap?

Saldo mengendap adalah nominal minimal yang ditetapkan oleh pihak bank agar tetap berada di dalam rekening nasabah. Saldo ini akan tetap berada di rekening nasabah dan tidak bisa ditarik. Nominal saldo mengendap ini berbeda-beda tiap bank tergantung dari kebijakan yang ditetapkan masing-masing bank.

Alasan bank menerapkan kebijakan saldo mengendap adalah untuk menutupi biaya overhead cost bank dalam mengelola deposan. Overhead cost adalah biaya operasional rutin selain biaya tabungan, seperti biaya umum dan administrasi, tenaga kerja, biaya sewa, biaya penyusutan aset dan peralatan kantor, dan biaya lainnya.

Oleh karena itu kebijakan saldo mengendap tiap bank berbeda, tergantung dari strategi masing-masing bank untuk meningkatkan daya saing produknya. Misalnya di Bank MAS, jika kamu membuka rekening tabungan di MAS Mobile, maka akan dikenakan kebijakan saldo mengendap hanya sebesar Rp10.000 saja.

Fungsi Saldo Mengendap 

Saldo mengendap ditujukan sebagai pengaman apabila suatu saat nasabah tidak ingin menggunakan rekeningnya lagi lalu ingin melakukan penutupan rekening, maka saldo mengendap akan digunakan untuk menutup biaya administrasi proses penutupan rekening tersebut.

Dari pengertian saldo mengendap di atas, penting untuk kamu mengetahui kebijakan saldo mengendap sebuah bank sebelum membuka rekening, karena ada bank yang menerapkan kebijakan saldo mengendap dikategorikan sebagai saldo aktif dan ada juga yang menerapkan kebijakan saldo mengendap tidak dimasukkan ke dalam saldo aktif.

Jadi, kamu sudah menentukan mau membuka tabungan di mana? Di MAS Mobile, kamu bisa memilih tabungan MAS Saving dengan saldo mengendap yang relatif rendah senilai Rp10.000 sehingga kamu tidak terlalu khawatir tidak bisa tarik tunai saat saldo tabunganmu menipis.

Yuk, buka tabungan MAS Saving sekarang secara online di aplikasi MAS Mobile!