Bayar PDAM lebih mudah di MAS Mobile! Simak cara bayarnya di sini!

2022-09-21 04:01:05
Bagikan:
Bayar PDAM lebih mudah di MAS Mobile! Simak cara bayarnya di sini!

Saat ini pembayaran pdam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara bayar PDAM yang paling sering digunakan oleh pengguna PDAM adalah pembayaran melalui Online melalui Smartphone. Saat ini, MAS Mobile dapat kamu andalkan dalam kebutuhan pembayaran dan cek tagihan PDAM dengan mudah dan praktis.

Dengan beberapa langkah sederhana, kamu dapat melakukan dan menyelesaikan transaksi PDAM kamu dengan mudah dan praktis. Berikut beberapa hal yang wajib kamu ketahui dari cara pembayaran PDAM melalui MAS Mobile

Cara bayar PDAM online se-Indonesia melalui MAS Mobile

  • Buka aplikasi MAS Mobile
  • Lengkapi username dan password
  • Pilih menu pembayaran pada tampilan awal MAS Mobile
  • Pilih Menu PDAM yang terdapat pada pilihan menu pembayaran
  • Pilih Penyedia layanan PDAM yang kamu gunakan
  • Masukan Nomor Pelanggan kamu sesuai tagihan yang ingin dibayar
  • Klik menu lanjut untuk dapat melanjutkan transaksi
  • Lanjutkan proses pembayaran hingga selesai

Daftar PDAM kabupaten kota yang dapat di bayar online melalui MAS Mobile 

[customAccordion content="d6b90009-caed-4951-a1ad-571e50263ddc"]

[customAccordion content="c73eba41-bb09-417a-885d-6a8414464fd8"]

[customAccordion content="83384ca6-4243-4e8e-9102-7b6f1c948a5f"]

[customAccordion content="2c3f5c55-7370-40b0-b9d2-1557c8367314"]

[customAccordion content="d5338683-8a4a-4ca3-a53f-6d329b7ed24e"]

[customAccordion content="bed013e1-ac5f-442b-8c0a-d5d29586ab9a"]

[customAccordion content="94c9e8ad-09d5-4e93-af21-c7db7b2b18df"]

[customAccordion content="343a74f7-c535-4d73-954e-b7fe0b4faf65"]

[customAccordion content="8bc162ed-cf98-4285-a279-36b1fe98e301"]

Keuntungan membayar PDAM di MAS Mobile

MAS Mobile merupakan aplikasi mobile banking dari Bank MAS yang dapat memudahkan kamu dalam banyak transaksi, salah satu layanan yang dapat kamu manfaatkan adalah pembayaran PDAM. Dengan MAS Mobile kamu dapat melakukan pengecekan dan pembayaran tagihan pembayaran PDAM kapanpun dan dimanapun yang membuatnya menjadi lebih praktis.

Cara bayar PDAM Lebih murah dari kebiasaan sehari hari

1. Hentikan kebiasaan membuka keran sepanjang waktu

Membuka keran sepanjang waktu saat mandi kerap menjadi kebiasaan banyak orang. Kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang wajib dihindari karena akan membuat penggunaan air PDAM tidak efisien. 

Pasalnya dengan kebiasaan tersebut, kamu akan membuat air terbuang begitu saja mengalir dan tidak digunakan. Hal ini juga sejalan dengan penggunaan jumlah air yang tentunya akan lebih banyak. Dengan kebiasaan tersebut, kamu juga bisa mendapatkan tagihan bulanan yang membengkak di setiap bulannya.

Kamu dapat menutup keran pada saat aktivitas mandi kamu tidak membutuhkan air yang cukup banyak. Mulai dari menggosok gigi, menggosokan badan dengan sabun hingga mencuci muka merupakan aktivitas yang tidak memerlukan debit air yang cukup banyak. Untuk itu, ada baiknya kamu tidak membuka keran pada aktivitas aktivitas tersebut.

2. Penggunaan flush toilet yang bijak juga berpengaruh pada penggunaan PDAM yang lebih efektif

Bagi kamu yang memiliki toilet duduk, flush merupakan kegiatan yang sering dilakukan untuk membersihkan semua kotoran baik itu kotoran saat buang air kecil maupun air besar. Tahukah kamu, banyaknya air yang dikeluarkan saat melakukan flush bisa mencapai 3 liter air. 

Bahkan jika kamu membersihkan kotoran saat buang air besar, air yang dibutuhkan bisa mencapai 5 liter. Untuk itu, dalam penggunaannya kamu juga wajib melakukan penghematan agar air yang digunakan menjadi efisien. Pasalnya semakin banyak menekan tombol flush, maka akan semakin besar tagihan pdam yang mesti kamu bayarkan.

3. Perhitungan waktu mandi agar tidak terlalu lama

Pemakaian air terbanyak dalam rumah tangga umumnya terjadi pada saat penghuni rumah tersebut melakukan aktivitas mandi. Bahkan tak jarang, beberapa dari kamu juga menjadikan mandi sebagai aktivitas yang menyenangkan. Untuk itu, berlama lama saat mandi menjadi aktivitas yang selalu dilakukan.

Demi menghemat penggunaan air bersih dan menekan besaran tagihan PDAM yang mesti dibayarkan, kamu wajib memperhitungkan kembali kebiasaan tersebut. Pasalnya kebiasaan berlama lama saat mandi dapat menjadi alasan utama penggunaan air menjadi tidak efektif.

4. Segera melakukan perbaikan jika terjadi kebocoran pada keran 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kebocoran keran kerap menjadi alasan utama tagihan PDAM melonjak secara tiba tiba. Untuk itu, dalam memaksimalkan penggunaan PDAM menjadi efektif dan efisien, kamu juga wajib memperhatikan kebocoran keran ini.

Jika dirasa terdapat keran yang mengalami kebocoran, kamu dapat melakukan perbaikan sesegera mungkin untuk menghindari penggunaan air PDAM yang semakin terbuang percuma dan tagihan yang terus membengkak.

Kapan Jatuh Tempo Tagihan PDAM?

Waktu jatuh tempo dari tagihan PDAM akan berbeda beda pada setiap daerah di setiap kabupaten maupun kota dimana kamu berada. Namun terdapat dua pilihan yang umumnya menjadi tanggal jatuh tempo tagihan banyak perusahaan PDAM. 

Tanggal tersebut antara lain dimulai dari tanggal 1 s/d 20 ataupun di tanggal 5 s/d 25 di setiap bulannya. Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui tanggal jatuh tempo pembayaran PDAM di layanan PDAM yang kamu gunakan.