Cara Mencegah dan Menangani Cyberstalking agar Tetap Aman

2022-10-05 03:48:54
Bagikan:
Cara Mencegah dan Menangani Cyberstalking agar Tetap Aman

Dengan semakin berkembang pesatnya dunia digital dan apapun yang membutuhkan internet, Cyberstalking menjadi salah satu kejahatan yang mesti diwaspadai. Cyberstalking menjadi kejahatan yang sangat merajalela belakangan karena kesempatan yang sangat terbuka bagi banyak oknum yang tidak bertanggung jawab.

Namun, maraknya kejahatan terkait cyberstalking tersebut tidak dibarengi dengan edukasi terkait yang mendukung pengetahuan banyak orang. Masih banyak dari kita yang mungkin belum sepenuhnya memahami apa itu cyber stalking.

Tak hanya berbahaya untuk pencurian identitas, kejahatan yang satu ini juga dapat membuat kamu dalam bahaya karena penyalahgunaan informasi pribadi yang berhasil didapatkan. Untuk itu, kamu wajib lebih waspada terkait cyberstalking dengan memahami lebih dalam terkait cara penanggulangan dan penanganannya. Berikut hal yang dapat kamu ketahui!

Apa itu CyberStalking?

Cyberstalking adalah kejahatan digital atau kejahatan yang dilakukan dalam dunia maya dengan maksud mencuri semua informasi personal seseorang untuk dilakukan berbagai tindakan lanjutan yang dapat merugikan korbannya.

Dari mulai teror, pelecehan hingga aksi ancaman dapat terjadi akibat dari cyberstalking tersebut. Hal tersebut masuk sebagai salah satu tindakan ilegal atau pelanggaran hukum dengan alasan pelanggaran hak privasi seseorang maupun penyerangan emosional seseorang.

Umumnya Cyberstalking akan diawali dengan pencurian informasi lengkap terkait korban melalui jaringan internet. Untuk itu, buat kamu yang sering terhubung ke banyak jaringan, kamu wajib untuk berhati hati dengan kejahatan ini!

Motif di Balik Tindakan Cyberstalking

Terdapat beberapa alasan maupun motif cyberstalking yang kerap dilakukan para pelaku. Motif tersebut antara lain seperti:

  1. Menginginkan untuk dapat melihat dan mengetahui segala aktivitas online korbannya
  2. Mencari tahu segala bentuk lokasi korban baik secara online maupun offline.
  3. Menginginkan korban merasa terganggu atas perbuatannya
  4. Membuat korban menjadi takut dan merasa terintimidasi dengan cara memeras maupun melakukan kontrol
  5. Memperoleh data pribadi korban lebih detail
  6. Mengubah identitas korban yang berhasil dicuri untuk kejahatan lainnya seperti penipuan dan lainnya.
  7. Dan masih banyak motif lainnya.

Cara menghindari Cyberstalk agar informasi pribadi kamu semakin aman

Untuk itu bagi kamu yang ingin meningkatkan keamanan akun digital demi menghindari cyberstalk, ada baiknya beberapa hal ini kamu lakukan.

1. Membuat kata sandi yang sangat kuat untuk segala akun digital yang kamu miliki 

Kata sandi yang kuat adalah kata sandi yang tidak menggunakan informasi pribadi layaknya nama, tanggal lahir maupun informasi pribadi lainnya. Kamu juga dapat membuat kata sandi yang kuat dengan memperbanyak jumlah karakter yang kamu gunakan. Sertakan juga kombinasi angka,simbol dan juga huruf kapital sehingga membuat kata sandi menjadi lebih sulit untuk di tembus.

2. Jangan menggunakan kata sandi yang sama pada seluruh akun digital

Kata sandi yang kuat akan semakin baik jika dibarengi dengan variasi kata sandi di berbagai akun digital yang kamu miliki. Hal ini akan membuat akun digital kamu semakin sulit di jangkau oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Lebih berhati hati saat menggunakan wifi publik

Apabila Anda memang perlu menggunakan jaringan ini, maka pertimbangkan untuk mengaktifkan jaringan VPN. Meskipun demikian, ketika terhubung dengan WiFi public, sebaiknya hindari mengakses akun perbankan atau melakukan transaksi pembayaran secara online. Hal ini perlu dilakukan guna menjadi informasi terkait akun keuangan kamu dari tindak kejahatan cyberstalk yang dapat dilakukan dengan banyak cara.

4. Tidak menggunakan nama lengkap secara online

Demi melindungi jejak digital digital kamu tetap bersih, kamu dapat dilakukan cara berikut ini. Cara tersebut bertujuan agar data pribadi kamu dapat terlindungi dari pencurian data yang kerap mengintai kamu kapanpun.  Untuk itu, penting bagi kamu untuk selalu membatasi penggunaan atau menampilkan data pribadi di internet agar perlindungan data pribadi dapat dilakukan secara optimal.

5. Jangan menyalakan geolokasi pada akun sosial media

Selain membuat baterai smartphone menjadi lebih hemat, dengan mematikan geolokasi pada akun sosial media kamu juga dapat membuat keamanan jejak digital anda semakin terjamin. Untuk cara melakukannya sendiri kamu dapat melakukan dengan cara masuk ke dalam pengaturan kemudian non aktifkan menu lokasi yang terdapat pada smartphone kamu. 

Selain itu, kamu juga dapat melakukannya melalui fitur kamera melalui setting kamera dan menonaktifkan tag lokasi yang tertera pada layar smartphone kamu. Hal ini merupakan cara menonaktifkan geolokasi pada smartphone android kamu.

6. Berhati hati dengan situs kencan online

Untuk kamu yang kerap menggunakan situs kencan online, kamu wajib waspadai kebiasaan tersebut. Pasalnya tak jarang juga situs kencan online menjadi situs yang dengan sengaja dibuat untuk beberapa oknum melakukan kejahatan cyberstalk.

7. Software untuk meningkatkan keamanan juga dapat kamu gunakan

Dalam menjalankan praktik kejahatannya, seorang pelaku cybertalk dapat melakukanya dengan memanfaatkan software berbahaya layaknya spyware demi mendapatkan seluruh akses terhadap semua informasi pribadi calon korbannya. Untuk itu, demi menghindari hal tersebut terjadi, kamu dapat menggunakan anti spyware guna membuat perangkap kamu menjadi terlindungi dengan lebih baik.