Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

2023-02-16 13:50:54
Bagikan:
Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

Kamu mungkin sering mendengar kata prabayar dan pasca bayar, baik saat ingin memilih kartu provider untuk hanpdhone maupun saat ingin membayar tagihan listrik. Mungkin juga kamu masih bingung apa perbedaan antara prabayar dan pascabayar? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di sini.

Apa itu Prabayar dan Pascabayar?

Prabayar adalah metode pembayaran dengan mekanisme membayar di awal sebelum mendapatkan manfaat suatu barang atau jasa. Sementara pascabayar adalah metode pembayaran dengan mekanisme membayar di akhir setelah mendapatkan manfaat suatu barang atau jasa. Dari kedua definisi tersebut, perbedaan prabayar dan pascabayar terletak pada sistem bayarnya.

Kedua mekanisme pembayaran tersebut dapat digunakan dalam transaksi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Namun, perlu diingat tidak semua barang dan jasa dapat menggunakan transaksi prabayar atau pascabayar.

Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

Prabayar dan pascabayar umum digunakan untuk produk kartu provider handphone dan listrik PLN. Perbedaan penggunaan prabayar dan pascabayar untuk kartu provider dan listrik PLN sebagai berikut:

  • Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Sebelum kamu memilih menggunakan kartu provider prabayar dan pascabayar, kamu bisa perhatikan perbedaan kartu prabayar dan pascabayar berikut ini:

1. Metode Pembayaran

Sesuai dengan namanya, perbedaan kartu prabayar dan pascabayar yang pertama adalah metode pembayarannya. Kartu prabayar menggunakan metode dalam bentuk deposit pulsa atau paket data. Sementara jika kamu menggunakan kartu prabayar, kamu bisa menggunakan pulsa atau paket data lebih  dulu, kemudian baru dibayar setelahnya. Kamu juga bisa membeli pulsa atau paket data prabayar dan membayar tagihan kartu pascabayar melalui aplikasi MAS  Mobile.

2. Harga Paket Data

Dari segi harga paket data, kartu pasca bayar memiliki harga paket data yang lebih murah dibandingkan prabayar. Hal ini karena pemakaian kuota data atau pulsa pascabayar dianggap lebih transaparan karena pengguna bisa memantaunya kapan pun. Selain itu, kamu juga bisa menentukan batasan penggunaan pulsa dan data per bulannya agar tidak memberatkan tagihan.

3. Kombinasi Nomor Telepon

Jika kamu ingin memiliki kombinasi nomor telepon cantik agar mudah diingat, kamu bisa menggunakan kartu pascabayar. Pengguna kartu pasca bayar memiliki kesempatan untuk memilih nomor telepon sesuai keinginannya, sedangkan poengguna kartu prabayar tidak bisa memilih nomor sesuai keinginannya sendiri.

4. Cara Pendaftaran

Perbedaan yang ketiga, yaitu dari cara pendaftarannya. Cara pendaftaran kartu prabayar relatif lebih mudah cukup menggunakan NIK dan nomor KK. Sementara cara pendaftaran kartu pasca bayar relatif lebih kompleks karena ada banyak data yang pelu dilengkapi, salah satunya mengunggah foto KTP.

5. Penawaran Promo

Pengguna kartu pascabayar biasanya sering mendapatkan penawaran promo berlangganan streaming atau ekstra paket data. Sementara pengguna kartu prabayar memiliki kemungkinan yang lebih kecil mendapatkan penawaran promo tersebut.

Baik penggunaan kartu prabayar dan pasca bayar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhanmu sebelum memilih menggunakan kartu prabayar atau pascabayar.

  • Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Selain kartu provider handphone, penggunaan produk prabayar dan pasca bayar juga digunakan untuk produk listrik PLN. Simak pembahasan perbedaan listrik prabayar dan pasca bayar berikut:

1. Metode Pembayaran

Sesuai dengan namanya, perbedaan pertama listrik prabayar dan pascabayar adalah metode pembayarannya. Listrik prabayar menggunakan metode pembayaran di awal, yaitu kamu harus deposit dalam bentuk token listrik, sementara listrik pascabayar menggunakan metode pembayaran di akhir dalam bentuk tagihan bulanan. Kamu juga bisa membeli token listrik dan membayar tagihan bulanan melalui aplikasi MAS Mobile.

2. Kontrol Penggunaan

Perbedaan listrik prabayar dan pascabayar yang kedua adalah kontrol penggunaan. Listrik prabayar memiliki keunggulan terkait ini karena penggunaan listrik yang dapat dikontrol menyesuaikan budget bulanan. Sehingga, penggunaan listrik prabayar dirasa lebih hemat dibanding dengan listrik pascabayar.

Sementara pada penggunaan listrik pascabayar pengunaannya kadang tidak terkontrol karena bebas menggunakan tanpa khawatir sisa token listrik akan habis. Dampak dari penggunaan yang tidak terkontrol ini membuat pengeluaran listrik pascabayar lebih boros dari listrik prabayar.

3. Denda Keterlambatan

Jika kamu menggunakan listrik pascabayar lalu telat membayar tagihan bulanan, kamu akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran tagihan. Sementara pengguna listrik prabayar tidak akan dikenakan denda keterlambatan, karena menggunakan sistem token listrik. Tetapi jika token listrik telat habis, pelanggan listrik prabayar tidak dapat menggunakan listrik di rumahnya.

Beli atau Bayar Pulsa dan Token Listrik di MAS Mobile

Untuk memudahkan transaksi pulsa dan listrik prabayar atau pascabayar, kamu bisa menggunakan aplikasi MAS Mobile. Beli pulsa, bayar tagihan kartu prabayar, beli token listrik, dan bayar tagihan listrik jadi lebih mudah dengan aplikasi MAS Mobile. Ada beragam promo menarik juga yang bisa kamu dapatkan dengan transaksi menggunakan MAS Mobile.

Tunggu apalagi? Yuk, download MAS Mobile sekarang dan nikmati beragam keuntungannya.